Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Theme From:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Tuesday, June 11, 2013

Kubu Raya Swasembada Pangan

Foto Internet
KUBU—Desa Mengkalang Jambu Kecamatan Kubu berkomitmen mendukung program swasembada pangan. “Ini merupakan program bagus dan terbaik,” kata Kepala Desa Mengkalang Jambu, Abdullah ketika menerima kunjungan kerja Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan pertama kalinya, Kamis (31/5/) tahun lalu. 

Dia menuturkan Desa Mengkalang Jambu sudah memiliki pondasi mengembangkan kemandirian pangan. "Sejak beberapa tahun sudah ada kawasan lahan pertanian yang digarap masyarakat kami.

Hanya saja karena kondisi geografis desa kami berdekatan dengan Laut Cina Selatan dan termasuk kawasan pesisir dan kurang memadainya sistem irigasi, tidak jarang membuat hasil panen petani jauh dari harapan," katanya.

Abdullah menaruh harapan besar ke Pemkab Kubu Raya untuk memberikan dukungan ke desanya berupa infrastruktur pertanian. Pasalnya akan banyak tenaga dan biaya yang dibuang, jika sistem irigasi belum memadai. "Semangat masyarakat sudah luar biasa dan konsisten bercocok tanam. Namun kami perlukan dukungan riil dari Pemkab Kubu Raya supaya sirkulasi air laut bisa kami atur agar tidak merusak tanaman," tuturnya.

Es Sari Kacang. Kuilner Murah Meriah

Pontianak.  Hallo semuanya. Jumpa lagi bersama Asep Haryono di sini. Teman teman yang berada di luar kota Pontianak (Kalimantan Barat) dan juga yang berasal dari daerah lainnya se Indonesiai tentu senang dengan masakan dan makanan tentunya bukan?.  Wisata Kuliner di Kalimantan Barat sangat beragam loh, dan sangat menggugah selera. Hmmm

Kalaw rekan rekan blogger semua suka makanan, ya demikian juga saya. Saya sangat suka makanan, dan juga suka makan, yah namanya juga Food Lovers jadi gitu deh. Rekan rekan tentunya banyak memiliki tempat jajanan favorit dan makanan (tepatnya Kuliner-red) yang disukai tentunya, begitu juga dengan saya.  Memang ada banyak sekali ragam makanan khas Propinsi Kalimantan Barat.

Dalam postingan kemarin, sudah saya paparkan singkat saja tentang Angkringan Jogjakarta di Jalan Soekarno- Hatta , arah menuju Bandara Supadio , Kalimantan Barat, dan ternyata informasi terbaru saya terima dari rekan saya di kantor bahwa ternyata Angkringan juga ada ditempat lain. Wah ternyata semakin banyak saja pilihan Kuliner di Kota Pontianak ini. Dan saya rasa berbagai macam tempat makanan, jajanan favorit dan juga kuliner khas di Pontianak pada khususnya dan Kalimantan

Festival Meriam Karbit Potensi Wisata Kubu Raya

Foto Equator-News
SUNGAI RAYA—Untuk yang pertama kalinya, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kubu Raya bidang Kebudayaan akan menggulirkan festival meriam karbit dipadu dalam konsep wisata meriah.

“Kita selain menggelar festival meriam karbit dipadukan dengan festival keriang bandong dan festival bedug. Ini semata-mata menyemarakan Ramadhan sekaligus menjelang perayaan Idul Fitri 1433 Hijriah,” kata Busri Ismail, Kabid Kebudayaan Disbudparpora, Senin (6/8) kepada wartawan.

Menurut dia festival meriam karbit yang dilaksanakan sejak 16-18 Agustus 2012 baru pertama kali dilaksanakan di Kubu Raya khususnya di bulan Ramadhan. Seperti sudah menjadi suatu tradisi sebelumnya, memasuki akhir bulan puasa seluruh warga Tepian Sungai Kapuas sudah dapat mendengarkan dentuman meriam karbit yang berbunyi menggelegar dan sangat  nyaring.

Hama Mengancam Para Petani

Foto Internet
SUNGAI RAYA— Menjelang musim panen tanaman padi, para petani di Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya dirisaukan dengan ulah segelintir hama burung yang memakan tanaman siap panen mereka.

”Mungkin karena saya menanam awal, makanya hanya di tempat saya saja didatangi hama burung. Setiap hari kami harus menjaga tanaman padi dari serangan hama burung ini, lengah sedikit saja mereka dengan leluasa memakan padi yang ditanam,” kata Wiriah petani padi di kawasan seputaran Arteri Supadio, Jumat (15/6).

Pihaknya kemudian membuat siasat dalam menghalau burung-burung yang datang. Yang pertama dengan bunyian dari kaleng dalam jumlah banyak. “Tetapi tetap saja burung pemakan padi tetap datang.

Mereka bereaksi bukan saja di siang hari, ada juga di malam hari. Namun kebanyakan adalah hama tikus. Kalau hama tikus kita susah menjaga karena keluarnya diam-diam dan di malam hari. Kita mengantisipasi saja dengan menyebar racun tikus,” ucapnya.

Desa Empening Potensi Lahan Karet Yang Menjanjikan

Foto Internet
SUNGAI RAYA— Kepala Desa Teluk Empening Kecamatan Terentang Kabupaten Kubu Raya, Arpandi mengatakan potensi lahan karet di desa tersebut cukup besar, sekitar 200 hektar lahan yang sudah siap dikelola di desa tersebut.

“Lahan yang sudah siap dikelola sekitar 200 hektar dari potensi lahan yang ada sekitar 400 hektar. Lahan yang masih kosong dan belum dimanfaatkan sekitar 190 hektar, kalau lahan masyarakat yang sudah ditanami dan perlu peremajaan ada sekitar 200an hektar,” kata Arpandi, Senin (16/1).

Arpandi menuturkan pihaknya masih kebingungan untuk mencarikan pihak ketiga agar karet tersebut dapat berkembang dengan baik, karena jika menggunakan kemampuan masyarakat sangat terbatas. “Kita masih kebingungan nantinya untuk mencari pihak ketiga atau bagaimana, karena pada tahun 90an Terentang raja karet. Ketika itu orang jika membicarakan produksi karet tidak ada daerah lain pasti Teluk Empening dan sebagian daerah lain, namun sekarang sudah punah,” ucapnya.

Potensi Kubu Raya Dalam Video

Berburu Udang Galah Di Hutan Bakau
Oleh : Rossa Ocha



Festival seni budaya melayu pontianak. kab,kuburaya, feat IKANMAS (VG)

Oleh : Juan Arminandi

Kantor Gubernur Kalimantan Barat



Peta Propinsi Kalimantan Barat

Arti Dan Logo Lambang Kubu Raya


Logo berbentuk perisai dengan garis lengkung dan garis lurus menyatu berwarna hitam dan biru di dalamnya, mengandung arti bahwa wilayah Kabupaten Kubu Raya merupakan daerah daratan dan pulaupulau yang dipisahkan oleh sungai dan laut, serta mempunyai potensi sebagai daerah lalu lintas perdagangan dan pariwisata.

Pada sisi kanan benteng terdapat butiran padi yang berjumlah 17 dan pada sisi kirinya terdapat 7 lembar daun kelapa yang berpangkal pada angka 2007 dibawahnya terdapat tulisan Kubu Raya, yang mengandung arti bahwa berdirinya Kabupaten Kubu Raya pada Tanggal 17 Juli 2007. Butiran padi dan lembar daun kelapa menunjukan bahwa Kabupaten Kubu Raya merupakan daerah dengan potensi hasil pertanian dan perkebunan yang subur.